aloe-plant.jpgLidah buaya banyak ditemukan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah maupun didalam pot. Namun tahukah anda jika lidah buaya mempunyai banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kulit, rambut, dan wajah. Lidah buaya sudah dikenal sejak zaman nenek moyang sebagai tanaman obat yang dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit. Selain itu lidah buaya juga dapat dikonsumsi dan khasiatnya sudah teruji untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti diabetes, sembelit dan wasir. Nutrisi yang sangat banyak terkandung dalam lidah buaya inilah yang membuat lidah buaya adalah tanaman yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Didalam lidah buaya terdapat zat yang bernama Eksudat. Eksudat ini adalah cairan getah yang keluar ketika daun lidah buaya dipotong, berwarna kuning dan dan rasanya pahit.

  • Membantu menyembuhkan luka bakar matahari

Lidah buaya dikenal sebagai anti inflamasi dan sifatnya sebagai pendingin. Lidah buaya sangat cocok untuk menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Didalam lidah buaya terkandung anti oksidan dan mineral yang membantu proses penyembuhan karena lidah buaya mempunyai sifat sebagai pelembab.

  • Melembapkan kulit

Gel lidah buaya dapat melembabkan kulit dan membuatnya halus tanpa menutup pori-pori. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak lidah buaya merupakan bahan yang efektif untuk meningkatkan kelembapan kulit sehingga lidah buaya sering dijadikan bahan utama dalam pembuatan kosmetik untuk mencegah kulit kering. Selain itu lidah buaya dapat digunakan setelah bercukur karena dapat menyembuhkan luka akibat goresan alat cukur.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Lidah buaya juga sering digunakan untuk menyembuhkan luka karena lidah buaya mengandung zat aloesin yang bersifat anti peradangan.

  • Mencegah penuaan dini

Lidah buaya mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin seperti vitamin C dan E serta beta karoten yang dapat mencegah kulit keriput, menghilangkan noda hitam pada wajah. Nutrisi dan vitamin tersebut juga dapat meningkatkan elastisitas kulit sehinnga dapat mencegah penuaan dini.

  • Mengurangi jerawat dan infeksi

Gel lidah buaya mempunyai sifat sebagai antimikroba, anti bakteri, antiseptik, dan anti inflamasi yang dapat membantu mengobati jerawat dan mencengah infeksi juga peradangan wajah kulit wajah. Selain itu didalam lidah buaya terkandung zat giberelin dan polisakarida yang merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

  • Menghilangkan noda dari bekas jerawat

Karena lidah mengandung zat-zat yang dapat merangsang reproduksi sel-sel baru sehingga dapat menghilangkan bekas-bekas dan bintik hitam pada wajah akibat jerawat.

  • Menyehatkan rambut

Lidah buaya dapat merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, memberikan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan rambut. Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang mati pada kulit kepala.

  • Mencegah ketombe

Ketombe memiliki beberapa penyebab salah satunya adalah kulit kepala yang kering, infeksi jamur, kulit kepala yang berminyak dan iritasi akibat sengatan sinar matahari, produk-produk pewarnaan rambut dan lain sebagainya. Lidah buaya yang memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi yang berguna untuk malawan jamur. Sifat lain lidah buaya yang melembapkan kulit juga berfungsi untuk menjaga kulit kepala agar terhindar dari kulit kering.

  • Memelihara kesehatan rambut agar tidak kusam

Selain berfunsi sebagai pelembap kulit kepala lidah buaya juga dapat melebutkan rambut dan membuatnya kembali bersinar dan tidak kusam. Tidak seperti produk yang berbahan kimia, lidah buaya tidak meniggalkan residu sehingga tidak membuat kulit kepala menjadi berminyak.


Resep-resep perawatan menggunakan bahan dasar lidah buaya.

2-Simple-Ways-To-Make-Aloe-Vera-Soap-At-Home

  • Bagaimana membuat masker dari lidah buaya?
  • Bagaimana membuat konditioner dari lidah buaya?
  • Mentimun dan lidah buaya untuk masker
  • Lidah buaya dan madu untuk masker
  • Lidah buaya sebagai pembersih make-up
  • Gel cukur rambut
Advertisements