Manfaat minyak kelapa murni dan cara membuat sendiri

2016-03-10-1457633472-7768299-coconutoil

Kelapa adalah buah yang banyak sekali manfaatnya dari pohon, daun, hinga buahnya dapat dipergunakan untuk kehidupan manusia. Kelapa biasa dipergunakan untuk keperluan memasak dan menghasilkan cita rasa yang enak. Tetapi tidak hanya masak memasak, ternyata buah kelapa banyak sekali manfaatnya untuk perawatan wajah, kulit, dan rambut.

Minyak kelapa murni atau di bahasa Inggris berarti virgin coconut oil adalah minyak yang terbuat dari bahan baku kelapa yang diolah tanpa bahan kimia. Minyak kelapa murni memiliki kadar air dan asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening dan berbau harum, serta dapat disimpan hingga lebih dari 12 bulan. Dibidang kecantikan minyak kelapa sangat populer karena dikenal dalam membuat rambut berkilau, menghilangkan ketombe, dan masih banyak lainnya.

Cara membuat minyak kelapa dirumah

  • Dengan cara direbus

Siapkan empat gelas kemudian nyalakan api dan rebus air hingga mendidih. Sambil menunggu air mendidih ambilah dua butih kelapa yang sudah tua lalu parut dan masukkan parutan kelapa kedalam air panas. Kemudian campuran masukkan campuran ini ke dalam blender dan haluskan. Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan.

Nyalakan api dan rebus santan ini dengan api sedang, aduk terus dan pastikan untuk tidak berhenti mengaduk agar santan tidak pecah. Aduk hingga mendidih dan warna santan mejadi kecoklatan. Proses ini memakan waktu sekitar satu jam. Setelah terlihat minyak yang terpisah dengan ampas kelapa, angkat dan pisahkan minyak kedalam mangkuk kecil.

  • Diblender

Untuk proses ini tidak perlu dilakukan pemanasan. Cukup diblender saja dan didiamkan selama 24 jam dilemari pendingin caranya dengan mengambil dua butir kelapa lalu iris kecil kecil dan masukkan ke blender sambil diberi air agar memperoleh santan yang lebih banyak. Setelah diblender dan harus saring santan ini kedalam toples dan diamkan dalam lemari pendingin hingga terbentuk dadih. Buang dadih nya dan ambil minyak kelapa didalam toples.

coconut-oil-fresh-md

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan

  • Menghilangkan kutu rambut

Kutu biasanya menyerang anak-anak karena aktifitas meraka bersama teman-teman disekolah maupun ketika bermain bersama. Terkadang mereka tidak sengaja bertukar topi dan berpelukan hingga terjadi kontak antara rambut dengan rambut atau rambut dengan barang milik anak yang memiliki kutu. Tetapi jangan kuatir karena minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pengusir kutu rambut yang sangat mengganggu dan gatal caranya cukup dengan dioleskan kerambut dimalam hari, bungkus rambut dengan shower cap dan bilas dengan shampo dipagi hari.

  • Minyak kelapa untuk mengatasi ketombe

Penggunaan shampo, konditioner, produk styling berbahan dasar kimia kadang membuat kulit kepala menjadi kering, timbul jerawat, dan ketombe yang terkadang sangat gatal dan mengganggu. Minyak kelapa dapat membantu untuk meringankan gejala ini. Caranya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Sesaat sebelum tidur, cuci rambut anda dengan shampoo berbahan alami.
  2. Persiapakan alat-alat seperi handuk, sisir, dan minyak kelapa murni pada mangkuk kecil serta satu mangkuk besar
  3. Ambil mangkuk kecil berisi minyak kelapa kemudian letakkan didalam mangkuk yang berukuran lebih besar
  4. Tuangkan aur panas kedalam mangkuk yang besar sehingga sebagian mangkuk yang kecil setengah terendam
  5. Sambil menunggu minyak kelapa mulai hangat, sisir rambut anda agar tidak kusut
  6. Setelah minyak kelapa hangat dan meleleh, ambil minyak kelapa dengan jari anda dan usapkan pada kulit kepala dan pijat perlahan. Usapkan minyak kelapa keseluruh rambut hingga merata
  7. Ambil handuk dan bungkus kepala anda, biarkan hingga semalaman
  8. Dipagi hari cuci rambut anda dengan shampo berbahan alami untuk menghilangkan minyak berlebih.
  • Minyak kelapa membuat rambut tumbuh dengan cepat

Kebanyakan wanita menginginkan rambut panjang yang tergerai indah, tapi jika anda mempunyai rambut pendek dan ingin segera memanjangkan rambut tidak ada salahnya untuk mencoba minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung nutrisi, vitamin, dan lemak esensial yang terbukti membuat rambut dan kulit kepala lebih sehat serta dapat menyuburkan folikel rambut. Caranya sama dengan cara menghilangkan ketombe. Cukup menggunakan minyak dimalam hari kemudian dicuci dipagi hari

  • Miyak kelapa melindungi rambut dan kulit kepala dari sengatan sinar matahari

Minyak kelapa merupakan perlindungan alami untuk rambut dan kulit kepala dari sengatan sinar matahari sehingga melindungi kulit kepala dari kekeringan. Caranya adalah hangatkan minyak kelapa kemudian ambil sedikit lalu oleskan kerambut dan kulit kepala dan tidak perlu dibilas. Biarkan minyak kelapa melindungi kulit kepala anda seharian sebagai tabir surya.

  • Minyak kelapa berfungsi sebagai pelembap kulit

Salah satu manfaat minyak kelapa untuk kecantikan kulit sebagai moisturizer karena minyak kelapa merupakan pelembab alami yang aman untuk digunakan. Penggunaannyapun cukup mudah. Hangatkan semangkuk kecil minyak kelapa pada mangkuk besar yang berisi air panas, biarkan hingga meleleh lalu oleskan kewajah dan tunggu hingga 25 menit sampai minnyak mengering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

  • Minyak kelapa untuk mencegah penuaan dini

Karena sifat minyak kelapa sebagai pelembap alami, minyak kelapa dapat digunakan untuk mencegah kulit kering yang dapat menimbulkan keriput pada orang yang sudah berusia diatas 35 tahun. Caranya cukup mudah, gunakan minyak kelapa pada wajah sebagai pelembap sebelum tidur malam. Lakukanlah kegiatan ini untuk mendapatkan kulit yang selalu kencang yang terhindar dari garis garis keriput.

selamat mencoba! :)

 

Advertisements