Apa yang dimaksud antioksidan?

Antioksidan adalah molekul-molekul yang mampu untuk menghambat oksidasi dan menangkal radikal bebas. Oksidasi sendiri adalah sebuah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas dan dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Cara bekerja antioksidan adalah menekan proses terjadinya kerusakan sel-sel dari berlangsungnya proses oksidasi.

Apa yang disebut radikal bebas?

Radikal bebas merupakan molekul oksigen yang secara kimua strukturnya berubah akibat dari aktifitas lingkungan. Aktifitas lingkungan yang dapat mempengaruhi berkembangnya radikal bebas adalah radiasi, asap rokok, dan lain sebagainya. Radikal bebas yang tidak terkontrol dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam penyakit misalnya jantung,  Alzheimer, kanker, stroke, serta katarak.

Antioksidan yang sudah dikenal oleh ilmu pengetahuan adalam vitamin dan mineral. Vitamin E, vitamin C, beta-karoten, mangan, dan seng adalah sebagian vitamin dan mineral yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menghambat mengontrol dari terbentuknya radikal bebas. Untuk mencegah oksidasi ini tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi dan vitamin salah satunya adalah vitamin C.  Vitamin C dapat didapatkan didalam tablet vitamin C yang diproduksi pabik dan dijual dipasaran. Bahan kimia alami dapat didapatkan melalui buah-buahan dan sayuran misalnya seperti cranberries, raspberry, goji beri, blueberry, dan plum. Berikut ini adalah beberapa buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, rempah-rempah yang mengandung antioksidan tinggi.

Buah-buahan:

1. Blueberry

Penasaran rasa asli buah blueberry ini? Memang dipasar Indonesia sendiri, buah blueberry jarang ditemukan dalam bentuk aslinya kebanyakan buah ini sudah dalam bentuk sirup, selai, ekstra untuk perasa, makanan dan minuman kemasan. Buah blueberry ini merupakan tanaman semak berbunga dari genur Vaccinium dengan tinggi 10 cm hingga 4 cm dan banyak tumbuh di Amerika Utara. Blueberry ini memiliki kandungan air hingga 84%, memiliki rasa manis dengan sedikit rasa asam tergantung pada kematangan buahnya. Buah blueberry ini dikenal tinggi akan vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Dalam blueberry terkandung beberapa mineral dan vitamin diantaranya vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, calcium, potassium, dan magnesium.

Screenshot (70).png

2. Raspberry

Raspberry merupakan buah yang berasal dari Asia Timur dan Asia utara dan sekarang ini sudah banyak dibudidayakan keseluruh dunia, namun masih sedikit susah ditemukan di Indonesia. Buah Raspberry mempunyai banyak warna, yaitu merah, hitam, ungu, dan emas. Raspberry banyak memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral diantaranya tinggi akan vitamin C, vitamin E, vitamin K, mangan, magnesium, dan zat besi. Karena tingginya vitamin dan mineral yang terkandung dalam satu biji buah raspberry ini yang membuat buah ini masuk kedaftar buah dengan antioksidan tinggi yang mampu menghambat proses oksidasi dalam tubuh sehingga terhindar dari penyakit.

P1060153

3. Strawberry

Buah strawberry sudah banyak dikenal dimasyarakat Indonesia. Masyarakat yang tinggal didaerah dataran tinggi banyak yang sudah membudidayakan tanaman ini dan diperdagangkan dipasar hingga supermarket. Buah yang berasal dari Eropa ini memiliki rasa yang segar, asam dan manis. Biasanya strawberry dibuat untuk juice, smoothie, hiasan untuk kue, hingga menjadi masker untuk wajah dan perawatan tubuh seperti body lotion, dan lulur. Buah rendah kalori ini memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang dikenal mampu menangkal radikal bebas. Vitamin C yang terkandung dalam buah strawberry ini sangat tinggi yaitu hingga 98% selain itu strawbery juga tinggi akan mangan, vitamin B complex, niacin, riboflavin, panthotenic acid dan folic acid.

Screenshot (36).png

4. Plum

Buah plum masih terdengar asing dimasyarakat Indonesia, buah seukuran tomat ini memiliki berbagai jenis warna seperti merah tua, ungu, biru kehitaman, biru muda, dan hijau muda tergantung pada kultivarnya. Buah ini memiliki rasa segar, asam, dan manis serta aroma yang menyenangkan. Plum banyak tumbuh didaerah Eropa, Amerika, Jepang, dan China yang kemudian didistribusikan diberbagai penjuru dunia, bisa plum segar maupun plum yang sudah dikeringkan dan dalam bentuk kaleng. Buah plum sangat rendah kalori dan masuk daftar kelompok buah yang mampu berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam plum ini diantaranya, vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, potassium, zat besi, dan fosfor.

plum

5. Tin

Buah Tin atau ara atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Figs merupakan kerabat dari pohon beringin dari genus Ficus. Buah ini yang banyak tumbuh di daerah Asia Barat mulai dari Balkan hingga Afghanistan tetapi sekarang banyak dibudidayakan di Argentina, Amerika, Australia dan Cili. Buah Tin sebenarnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan berukuran 3 hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah menjadi warna ungu ketika sudah masak tergantung varietesnya. Biasanya buah tin dapat ditemukan disupermarket tapi dalam bentuk kering karena buah tin akan cepat membusuk apabila la disimpan dalam keadaan segar.

Buah Tin adalah buah dengan kandungan kalori yang sangat rendah. Tetapi buah tin kaya akan fiber, mineral, vitamin, dan pigmen anti oksidan yang berkonstribusi dalam memelihara kesehatan. Tin dalam bentuk kering sumber akan mineral seperti kalsium, potassium, mangan, pyridoxine, folat, dan panthotenic acid.

Figs.jpg

6. Kismis kering

Di Indonesia, sebagian orang belum mengerti kalau kismis kering yang sering kita temui pada campuran roti dan kue sebenarnya merupakan anggur yang dikeringkan. Karena kismis berasal dari anggur tidak heran jika rasanya mirp seperti anggur, manis dan sedikit asama. Dipasar dan supermarket kita sering menemui kismis berbagai warna seperti hitam dan coklat, kismis yang hitam itu adalah buah anggur hitam yang dikeringkan, sedangkan yang bewarna coklat atau emas berasal dari buah anggur hijau.

Kismis bisa dijadikan sebagai camilan yang bergizi karena kismis sangat rendah lemak dan dapat dijadikan camilan untuk orang yang sedang diet karena kaya akan serat  serta dapat membantu kontrol glukosa.

raisins_16x9

7. Cherry

Tidak asing lagi dengan buah satu ini, ya buah ceri memang sering kita lihat sebagai hiasan kue tar dipesta ulang tahun. Buah ceri ini banyak tumbuh di daerah Meksiko, Amerika, dan Kanada. Di Indonesia sendiri buah ceri segar jarang ditemukan dipasaran tetapi kita dapat menemukan awetan buah ceri dalam kaleng. Buah ceri merupakan buah dengan kandungan kalori yang sangat rendah tetapi kaya akan nutrisi dan mineral. Di dalam buah ceri terdapat pigmen yang bernama anthocyanin glycosides, berwarna merah dan merupakan sumber antioksidan. Banyak penyakit yang bisa dilawan oleh kandungan yang terdapat pada buah ceri ini seperti kanker dan penyakit syaraf.

Screenshot (77)

8. Goji berry

Goji berry merupakan buah yang banyak tumbuh didaerah dataran China dan Himalaya, Buahnya berwarna merah oranye terang. Di Indonesia buah goji berry ini jarang ditemukan dalam keadaan masih segar tetapi sudah dikeringkan dalam kemasan dan tampak seperti kismis. Buah goji berry dikenal kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sejak zaman dahulu rakyat China memanfaatkan buah ini sebagai tanaman obat untuk mengobati berbagai penyakit misalnya sakit mata, liver, dan ginjal.

Goji berry yang sangat tinggi akan vitamin C, serat, serta rendah kalori. Buah ini juga merupakan sumber yang baik dari zat besi dan vitamin A.

Chinese Goji Berries 2007. Image shot 2007. Exact date unknown.

9. Pomegranate atau Delima Merah

Di Indonesia buah pomegranate lebih dikenal dengan istilah buah delima. dahulu buah delima tidak begitu populer dikalangan masyarakat karena dianggap sebagai buah yang murah karena banyak dijumpai dipekarangan. Tapi ternyata akhir-akhir ini buah delima merah menjadi tren dikalangan masyarakat karena produk-produk minuman yang dipromosikan di televisi mengangkat tentang produk berbahan buah delima ini.

Buah delima merah merupakan buah yang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit selain itu buah ini termasuk daftar dalam buah dengan antioksidan tinggi. Buah delima merah ini digunakan untuk pengobatana oleh bangsa Eropa dan Mesir untuk mengobati sakit maag dan diare. Jus buah delima mengandung antioksidan seperti anthocyanin dan asam ellagic yang mampu melindungi diri dari penyakit jantung dan kanker.

Screenshot (167).png

Salam Sehat Dari Ginger and Apple 🙂

 

 

Advertisements