Manfaat daun sirsak telah dikenal secara luas oleh masyarakat belakangan. Konsumsi buah sirsak pun menjadi meningkat, akan tetapi banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat dan juga olahan dari daun sirsak yang ternyata tak kalah dahsyatnya dibandingankan buah sirsak.

Daun sirsak merupakan daun dari buah sirsak (annona muriccata linn.). Sirsak memiliki banyak sebutan dibeberapa tempat berbeda tempat di Indonesia, sirsak memiliki banyak sebutan. Di Jawa disebut sebagai sirsat, nangka sabrang; di Sunda disebut kadu walanda, nangka belanda; di Toba (Sumatra)  disebut tarutung olanda; di Dayak disebut dian blanda; dan masih banyak lagi sebutan untuk daun sirsak.

Daun sirsak bentuknya bulat panjang dengan ujungnya berbentuk lancip pendek. Daun sirsak memiliki tekstur yang tebal dan agak kaku dengan urat daun menyirip dan tegak pada urat daun utama. Permukaan atas daun teksturnya halus dan bewarna hijau hijau lebih tua dibandingkan permukaan daun bagian bawah. Letak daunnya berhadapan dan rimbun sehingga menyerupai perdu. Saat masih muda, daun sirsak berwarna hijau kekuningan dan saat sudah tua berwarna hijau tua. Daun sirsak memiliki bau yang kurang enak ketika dicium.

Soursop-Leaves-for-Health-Benefits.jpg

Daun Sirsak Sebagai Gudang Senyawa Aktif

Senyawa aktif yang terkandung dalam tanaman alami memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Daun sirsak diketahui memiliki banyak senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Tidak itu saja, daun sirsak juga terbukti memiliki banyak kandungan nutrisi dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Beberapa diantaranya adalah acetogenins, annocatacin, anonol, caclousin, annohexocin, annonatic, anomurian, annomurine, gentisic acid, giganterthronin, linoleic acid, muricapentocin, niasin, fosfor, kalsium, karbohidrat, vitamin C, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2.

Kayanya kandungan dalam daun sirsak membuat daun ini banyak digunakan untuk mengobati banyak penyakit, dari yang ringan hingga yang berat. Beberapa diantaranya adalah mengobati penyakit deman, diabetes, gangguan empedu, gangguan hati, gangguan jantung, gangguan pencernaan, asma, batuk, borok, bronchitis, cacingan, hipertensi, hiperkolesterol, tumor, hingga kanker. Bahkan penelitian yang dilakukan Universitas Purdue di Amerika Serikat menemukan bahwa kandungangan ekstrak etanol dalam daun sirsak memiliki khasiat antivirus hepes simplek dan juga anti AIDS.

Daun Sirsak Sebagai Pembasmi Ampuh Kanker

Telah banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui khasiat daun sirsak dalam membasmi penyakit kanker. Sebuah penelitian pernah dilakukan di Indonesia oleh seorang entomologi ITB dan rekannya. Peneliti Jepangpun pernah menganalisa senyawa dalam saun sirsak. Beberapa jurnal penelitian juga membahas khasiat dari kandungan daun sirsak.

Berdasarkan semua penelitian tersebut ditemukan bahwa kandungan acetogenin dalam saun sirsaklah yag menjadi amunisi dalam membasmi berbagai penyakit kanker. Hebatnya lagi, acetogenin ini mampu melawan 12 jenis kanker. Lebih jauh, salah satu senyawa dari acetogenin, yang disebut sebagai bullatasin, berperan membunuh sel kanker yang tak dapat dibasmi oleh obat kanker. Inilah mengapa daun sirsak disebut sebagai kemoterapi alami.

Sebagai pembasmi kanker, daun sirsak terbukti lebih baik dibandingkan kemoterapi. Daun sirsak dalam menumpas sel kanker bersifat selektif, yakni hanya menumpas sel kanker saja dan tidak menumpas sel-sel normal lainnya seperti yang dilakukan oleh kemoterapi. Selain itu penderita kanker yang menggunakan daun sirsak terlihat lebih kuat dan segar karena daun ini diketahui tanpa efek samping seperti turunnya berat badan, rambut rontok, hingga rasa mual. Daun ini juga menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah tubuh terinfeksi dari berbagai jenis bakteri dan virus berbahaya.

Fakta:

Daun sirsak bekerja 1000 kali lebih kuat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan kemoterapi.

Cara Mengolah Daun Sirsak

Car mengkonsumsi dan mengolah daun sirsak saat ini mulai beragam. Bila sebelumnya, daun sirsak diolah dan dikonsumsi dengan cara sederhana seperti direbus saat ini penngolahannya lebih beragam. Saat ini sudah tersedia the daun sirsak, kapsul daun sirsak, atau simplisia daun sirsak. Tentunya salah satu cara yang dapat dilakukan dean mudah dari rumah adalah dengan merebus atau menumbuk daun sirsak untuk diambil sarinya. Daun yang digunakan dalam pengobatan biasanya daun yang sudah matang atau sudah berwarna hijau tua.

Beberapa ahli menyatakan bahwa khasiat daun sirsak akan  lebih efektif bila digabungkan dengan mengkonsumsi herbal lainnya yang juga memiliki khasiat antikanker, seperti sambiloto, sarang semut, atau kulit manggis.

Racikan Obat Kanker

Bahan

  • Daun sirsak 10-15 lembar (daun yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua)
  • 3 gelas air (600ml)

Cara membuat:

  • Cuci daun sirsak dan tiriskan.
  • Rebus daun sirsak dalam 600m air dengan api sedang hingga tersisa satu gelas air (200ml).
  • Angkat, dinginkan, lalu saring. Minum 1 gelas air rebusan daun sirsak 2 kali sehari.
  • Akan lebih baik bila daun sirsak direbus menggunakan tembikar. Bila pun tidak, hindari merebus dengan bahan alumunium.
  • Minum racikan ini setiap hari hingga sembuh dengan tetap berkonsultasi degan dokter.

Racikan Obat Batuk:

Bahan:

  • 7 lembar daun sirsak (pilih yang masih muda, berwarna hijau muda)
  • Air matang ¾ gelas
  • 1-2 sendok madu kapuk

Cara membuat:

  • Cuci bersih daun sirsak dan tumbuk sampai halus lalu tambahkan ¼ gelas air matang.
  • Peras tumbukan daun dan saring.
  • Tambahkan 1-2 sendok madu kapuk, lalu tambahkan ½ gelas air matang.
  • Aduk rata hingga semuanya larut
  • Minum racikan ¾ gelas racikan tadi 2 kali sehari setiao pagi sebelum makan.

 

Advertisements