Rahasia cantik

Menyukai dan menyenangi kegiatan berdandan merupakan tabiat sebagaian besar perempuan. Perkara selalu ingin tampil cantik dan menawan setiap dilihat orang merupakan sesuatu yang lazim dan wajar bagi mereka. Maka tak perlu heran jika berbagai produk kosmetik dan pernak pernik kecantikan menjamur dan laku keras dipasaran. Namun seringkali kita luput untuk mengamalkan salah satu asas dalam berdandan, yaitu asas kebersihan. Sehingga tidak berlebihan jika ada orang yang mengatakan bahwa kebersihan adalah ruh kecantikan.

Tidak akan berarti jikalau berdandan berlebihan namun tidak memperhatikan kebersihan. Semisal kita sudah berdandan berlebih, namun kita tetap kotor dipandang, atau tercium aroma yang tidak sedap. Tentu akan merusak kecantikan dan berhias itu sendiri. Maka dari itu kebersihan itu merupakan urusan pertama dan utama yang harus diperhatikan seorang wanita ketika ia berhias dan mempercantik dirinya.

Dalam agama juga sering disebut bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Sehingga apabila kita menganggap diri manusia beriman, selayaknya tidak meremehkan perkaran kebersihan tersebut. Sebagaimana yang termaktub dalam agama Islam, setiap kita melaksanakan salat lima waktu kita mencuci dan membersihkan bagian-bagian tubuh dari debu dan kotoran lima kali dan sehari berkat berwudhu.

Menjalankan kerbersihan tentu tidak bisa dilepaskan dengan alat kebersihan itu sendiri. Salah satu dan paling pokok adalah air yang merupakan sumber kehidupan pun didunia ini yang dapat melepaskan diri dari kebutuhan akan air. Alat berhias dan mempercantik diri yang paling vital adalah air. Bila berhias tanpa membersihkan diri maka akan sia-sia saja, terlebih kebersihan dan kecantikan tanpa membasuh diri dengan air, tidak ada faedahnya.

Dengan air kita akan menghilangkan kotoran yang merusak pandangan atau aroma yang mengganggu penciuman orang-orang sekitar. Salah satu yang paling penting dalam membersihkan kotoran dan aroma adalah dengan mandi.

woman_707726.jpg

Dikatakan mandi bukan sekedar menuangkan air dalam jumlah banyak keseluruh tubuh, namun yang terpenting bagaimana tubuh dapat mengambil faedah dari air tersebut. Menggunakan air sebagai sarana kebersihan diri bukan berarti harus memperbanyak mandi dalam sehari melebihi kebiasaan yang lazim yaitu dua atau tiga kali sehari. Sikap mandi yang terlalu banyak setiap hari bisa digolongkan sebagai bagian dari sikap berlebihan dan bertindak boros. Selain itu mandi berlebihan menjadikan kulit kering, pecah dan tidak sehat.

Hendaknya kita merenungkan bersama dan perlu ditekankan bersama adalah menjaga ingatan kita untuk tidak meluapkan air karena dengan air kulit kita menjadi normal setelah sebelumnya merasakan panas, kotoran, debu, dan aroma keringat yang tidak sedap.

Tubuh berkeringat sering meninggalkan bau yang tidak sedap dan tentunya mengganggu penampilan dan kecantikan serta mengurangi rasa percaya diri kita. Perlu kita ketahui bersama bahwa fungsi keringat yang paling utama adalah menahan bertambahnya panas tubuh dari keadaan yang normal. Keringat ada banyak acamnya, namun sebagian besar keringat keluar dari tubuh tidak disertai bau tidak sedap dengan catatan tubuh bersih.

Namun jika tubuh kotor, keringat yang kita hasilkan akan berbau tidak sedap. Seperti misalnya bagian tubuh yang menjadi tempat keluarnya keringat tidak bersih, khususnya didaerah lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak. Bagian tubuh yang lembapĀ  dan kotor mengundang kehadiran bakteri yang berakhir pada aroma tubuh tidak sedap, maka muncul kemudian istilah bau badan menyengat.

Sepantasnya bau tubuh tidak sedap untuk segera dihilangkan sebagaimana telah disebutkan penyebabnya diatas. Tidak hanya sekedar mengerinkan keringat yang keluar, atau menaburkan bedak, atau menyemprotkan minyak wangi-wangian ke daerah yang mengeluarkan bau. Cara yang paling jitu adalah membersihkannya dengan air. Dengan air, bau tubuh menyengat dapat dihilangkan.

Maka gunakanlah air untuk membersihkan sumber bau dari tubuh beberapa kali ketikamandi. Jangan lupa untuk menggosok daerah lipatan tubuh khususnya ketiak yang menimbulkan bau tidak sedap. Mencurahkan air secara langsung kesumber bau tersebut akan menghilangkan kotoran dan bau yang tidak sedap. Satu yang tidak boleh terlupakan adalah tidak membiarkan rambut ketiak tumbuh panjang karena rambut ketiak dapat memicu timbulnya bau tidak sedap.

woman-showering1.png

Hindarilah mengkonsumsi bawah dalam keadaan mentah secara berlebihan karena merupakan jenis makanan yang merangsang timbulnya bau badan. Terpenting dari sekian cerita diatas adalah tidak bersikap masa bodoh. Sebagai manusia bila kita ingin diterima dilingkungan social, kita memperhatikan kebersihan diri dan tidak cuek dengan aroma tidak sedap yang keluar dari tubuh kita adalah wujud kita menyenangkan orang lain.

Kebersihan merupakan bagian dari perawatan kecantikan sebagai sebuah keharusan. Tentunya kosmetik yang wajib bagi perempuan disegala usia adalah pembersih wajah. Banyak sekali macam pembersih wajah yang dapat kita temui di toko dan warung, dan kita harus menyesuaikan diri dengan pembersih yang cocok dengan kulit kita.

Barangkali ada perempuan yang tidak cocok menggunakan sabun wajah sebagai pembersih dan lebih memilih memakai susu pembersih dan toner. Atau ada juga yang tidak cocok memakai susu pembersih dan toner karena kulitnya sensitive sehingga harus memilih menggunakan facial foam.

Sama halnya dengan kulit tubuh, ada orang lebih cocok menggunakan sabun cair beserta pelembap sebagai pembersih tuvuh. Tapi ada juga orang yang lebih memilih menggunakan sabun batang sebagai pembersih tubuh. Sangat beragam pilihannya dan apapun pilihannya yang terpenting adalah kebersihan tubuh terjaga.

Ayu Safitri-Rahasia Cantik Luar Dalam

Advertisements