Definisi cantik

Banyak orang yang beranggapan bahwa cantik adalah tubuh yang ramping, wajah yang menawan, polesan wajah serasi, serta pakaian yang mengikuti perkembangan mode. Batasan cantik sering didefinisikan seperti itu semua, sehingga semua orang tenggelam didalamnya dan berlomba-loba untuk menjadi yang tercantik atas itu semua.

Padahal seharusnya seorang perempuan mempunyai pijakan yang membuat mereka yakin bahwa cantik bukan sekedar polesan wajah dan gaya mempesona. Kecantikan bisa terpancar dari berbagai hal seperti keindahan melalui keindahan wajah (beauty), kecerdasan (brain), dan juga kepribadian/tingkah laku (behavior)

Cantik adalah membuat orang-orang disekitarnya merasa bahagia dengan adanya kehadirannya. Memang terdengar klise, akan tetapi itulah keadaan cantik yang kekal yang tidak akan tergantikan oleh polesan apapun karena semua orang akan mengingat dengan seksama kecantikan perempuan tersebut.

Hingga sekarang belum ada batasan yang jelas mengenai definisi cantik karena sifatnya yang sangat relative dan berkaitan erat dengan selera. Berbagai hal yang berkaitan dengan selera manusia akan terdapat pandangan yang bermacam-macam. Sebagaimana juga dengan definisi mengenai kata cantik tergantung dari sudut pandang setipa pribadi dalam mengartikannya, mulai dari batasan mengenai cantik secara sempit maupun luas.

Cantik bukan hanya kasat mata terlihat karena tidak setiap mahluk dianugerahi kecantikan fisik yang sesuai dengan standar kebanyakan. Cantik juga dapat diterapkan pada kecerdasan intelegensi dan emosional, mewakili perilaku serba positif dan mengesankan yang terpancar dari perempuan.

Definisi cantik menurut beberapa Negara

Cantik dengan cara baik adalah cantik yang tidak dapat dengan cara instan. Semisal kita gemuk, tidak hanya dengan meminum obat pelangsing saja tapi juga dengan olahraga dan makan sehat. Sebagai pribadi, cantik bukan hanya soal hasil tapi proses bagaimana cantik itu diwujudkan. Pada kahirnya cantik menjadi sebuah komoditas karena definisi diciptakannya oleh mereka produsen yang ingin agar produk kecantikannya laris. Berikut ini adalah beberapa definisi cantik didunia yang diambil dari repulika.co.id

  • Burma

Cantik menurut orang Burma, tepatnya menurut perempuan Kayan adalah perempuan dengan leher panjang atau sering disebut sebagai perempuan jerapah. Perempuan Kayan adalah mnoritas Tibeto-Burman etnis Burma yang memasang per kuningan membungkus leher mereka ketika mereka muda dan menambah lebih banyak per kunigan saat umur bertambah. Leher perempuan yang dibebani oleh berat cincin memberikan ilusi bahwa leher mereka tumbuh. Semakin tinggi menjulang lehernya makan perempuan tersebut dianggap semakin cantik.

maxresdefault (2).jpg

  • Brasil

Di negeri Samba, perempuan bertubuh “gitar” adalah perempuan cantik sebagai tanda kesehatan dan kekayaan. Tapi seiring perkembangan dunia, peremouan Brazil telah mencoba untuk mengurangi pinggul dan punggung untuk menciptakan definisi cantik yang sehat ala barat.

  • Korea

Di Korea bedah plastic adalah sebuah kewajaran, mereka rela menahan sakit dan berdiam beberapa jam di meja operasi untuk membuat mata lebih luas dan bulat. Kelopak mata mungkin hal yang remeh, tapi tidak bagi orang Korea.

Bedah plastic secara umum telah meroket di negeri ini selama beberapa tahun terakhir. Para peneliti memperkirakan bahwa 1 dari 10 orang dewasa telah melakukan operasi plastic untuk mendapatkan kelopak mata yang diinginkan.

  • Eropa

Di Eropa, termasuk perancis tampilan alami yang dianggap paling indah bahkan dengan sedikit make up saja.

  • Selandia Baru

    Selandia Baru khususnya dalam budaya Maori yang menikmai kebangkitan dalam 20 tahun terakhir laki-laki dan perempuan menghias dirinya dengan tato wajah berputar yang disebut moko.Meski awalnya dikenakan oleh keturunan polinesia sebagai penanda status, orang Maori dan perempuan sekarang memakai moko sebagai peninggalan sejarah budaya kehormatan untuk mereka. Salah satu bentuk yang lebih khas dari moko adalah tato pada bibir dan dagu.

    moko-tattoos-te-kuiti.jpg

  • Afrika

Di bagian barat Afrika perempuan yang dianggap cantik dan menarik adalah dengan berat badan dan banyak tanda akibat kegemukan di tubuhnya. Di Mauritania banyak orang tua mengirimkan anak perempuan mereka yang sering menikah diusia muda ke pemondokan dimana setiap hari diwajibkan makan banyak kalori.

547d790f64054_-_mcx-1009-forced-fat-camp-6-lgn.jpg

  • Iran

Bagir dan langsing adalah cantik menurut peremuan Iran. Kini para dokter bedah plastic di Iran laris melayani bedah plastic untuk mendapatkan hidung yang bangir.

Ayu Safitri – Rahasia Cantik Luar Dalam

Advertisements